PEMBERDAYAAN - ROA dan Burung Indonesia melakukan pemberdayaan perempuan pesisir berbasis sumber daya laut, di Desa Talang Batu, Kamis 30 Desember 2021

BANGGAI – Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) melalui aksi pengembangan perikanan skala kecil berkelanjutan melakukan pemberdayaan perempuan di pesisir berbasis sumber daya laut. Aksi dilakukan untuk mendukung pengelolaan dan perlindungan kawasan pesisir dan laut. Kali ini, ROA menyasar perempuan pesisir Talang Batu, Kecamatan Balantak – Banggai.

Vera Laiya – Field Officer ROA, mengatakan, melalui pengembangan skema perikanan skala kecil berkelanjutan akan memperkuat inisiatif Daerah Perlindungan Laut (DPL) yang berkonstribusi pada perlindungan spesies penting di koridor Laut Perairan Balantak. ”Kami mulai memperkuat kelompok perempuan yang ada di wilayah yang kami dampingi seperti Kelurahan Talang Batu dan Desa Luok di Kecamatan Balantak,” ujar Vera Laiya, Kamis Desember 2021.

Penguatan terhadap kelompok usaha perempuan katanya, penting untuk didukung. Mengingat proses-proses pembangunan dan pengelolaan kawasan berbasis pesisir dan laut harus harus tampak. Sehingga peran-perannya bisa teridentifikasi dan sejauhmana kedepannya berkontribusi baik dalam pengelolaan kawasan, maupun keterlibatan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di pesisir.

”Kami memulai sekarang dan telah membuat data awal sehingga kami juga bisa melakukan monitoring dan evaluasi dari usaha berdasarkan perencanaan usaha perempuan,” katanya.

Susanto Bahar, Lurah Talang Batu mengaku, program yang menyentuh kelompok perempuan di wilayah kawasan pesisir sangat dibutuhkan. Utamanya memperoleh pendampingan untuk memperbaiki sumberdaya manusia dalam pengembangan usaha berbasis hasil laut.

”Perempuan di wilayah kami juga harus maju dalam pengembangan usaha seperti di wilayah lainnya,” katanya. Karena itu perlu hadir produk unggulan yang bisa memberikan pendapatan bagi perempuan. Pendampingan yang dilakukan ROA atas dukungan Burung Indonesia selama ini sudah perempuan di desanya melestarikan dan menjaga kawasan pesisir dan laut.

ROA bersama Burung Indonesia dalam program kerja di wilayah Koridor Perairan Balantak mendukung Kelurahan Talang Batu dan Desa Luok di Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kerjasama ini mendorong peningkatan kapasitas Daerah Perlindungan Laut (DPL) baik dari sisi tata kelola kelembagaan maupun tata kelola kawasan DPL. Termasuk mulai mendorong pengembangan perikanan skala kecil berkelanjutan dan pemberdayaan perempuan. ***

Sumber           : Rilis ROA
Penyunting     : Amanda
Foto-Foto        : ROA

Tinggalkan Balasan