PerempuanSeni Budaya

Karnaval Hasil Bumi, Kritik Terhadap Politik Pangan Negara

BERARAK – Ratusan peserta berarak dalam karnaval hasil bumi, sekaligus komitmen menjaga kelangsungan, tanah air dan hutan

AIR sisa hujan semalam tampak menggenang di sana sini. Bulir-bulir embun menggantung manja di  bebungaan. Matahari pukul 09.00 memaksa embun yang menggelantung di pucuk-pucuk daun di Taman Kota Tentena, luruh ke bumi. Pagi itu, Rabu 9 November 2002, Taman Kota Tentena, disesaki ratusan warga yang datang dari 18 desa di seantero Kabupaten Poso. Mereka meriung di kaki Tugu Masapi. Berdiri melingkar menggenggam rere dan padengko– tetabuhan yang terbuat dari bambu melengkapi penampilan mereka pagi itu.

Mereka adalah peserta karnaval hasil bumi, yang mengambil star dari Taman Kota dan berarak sekira tiga kilometer menuju lokasi Festival Mosintuwu di Jalan Yosi, Kecamatan Pamona Puselemba, Poso. Karnaval hasil bumi adalah prosesi yang mengawali gelaran Festival Mosintuwu 2022.

Di lingkaran pertama berdiri para remaja belasan tahun. Di lapis kedua, ibu-ibu dan pria dewasa berdiri menjinjing hasil bumi dari desa masing-masing. Mulai dari sayuran, kacang-kacangan, buah dan padi hingga umbi-umbian. Ratusan orang dalam setelan busana adat, berdiri rapi, membuat suasana Taman Kota pagi itu terasa hidup.

Sesaat kemudian tokoh Aliansi Penjaga Danau Poso, Yombu Wuri (66) memberi aba-aba, lalu mengalunlah Desaku Yang Kucinta, lagu gubahan komponis L Manik yang diringi tabuhan rere dan padengko.  Disusul dengan lagu resmi Festival Mosintuwu bertajuk Tanah, Air Hutan membahana memecah langit Kota Tentena.

Lagu Tanah Air Hutan, diciptakan menyambut Festival Mosintuwu 2022. Liriknya diciptakan Direktur Mosintuwu Lian Gogali. Aransemennya dikerjakan oleh duo Tentena, Guritan Kabudul – musisi asal Pamona yang concern pada  isu lingkungan dan kebudayaan. Dua lagu yang baru saja mengalun itu adalah napas utama Festival Mosintuwu yang akan dimulai sebentar nanti.

BERARAK – Ratusan peserta berarak dalam karnaval hasil bumi, sekaligus komitmen menjaga kelangsungan, tanah air dan hutan

Usai Yombu Wuri, Martince Baleona alumni Sekolah  Perempuan asal Desa Bukit Bambu, Kecamatan Poso Kota Selatan, memegang kendali karnaval. Sepanjang jalan, perempuan penyintas kerusuhan Poso Mei tahun 2000, menyerukan agar manusia menjaga kelestarian alam. ”Alam adalah sumber kehidupan. Mari kita jaga bersama, karena tanah, hutan dan air adalah masa depan kehidupan kita. Mengabaikannya adalah kesalahan,” seru Martince. Semua hasil bumi yang dinikmati manusia adalah berkat kebaikan alam.

Tanah, air, hutan sambung Martince telah menciptakan kebudayaan.  Memberikan kekayaan bagi kehidupan manusia. Kebaikan alam dalam berbagai bentuk pangan yang memperpanjang hidup manusia, perlu  terus diingat dan dirayakan. Karnaval ini sambungnya, adalah memanggil ingatan tentang kebaikan alam diharapkan membangun kesadaran untuk bersolidaritas dengan alam untuk kehidupan yang berkelanjutan.

”Karnaval hasil bumi adalah sebuah “upacara” memanggil ulang ingatan tentang kebaikan alam dan kekayaan kebudayaan dalam pengelolaan alam,” ucapnya secara terpisah. Sedangkan keterlibatan anak-anak muda dalam karnaval menurut dia adalah simbol warisan kearifan tradisi pengelolaan alam yang akan terus menggaung dilintas generasi.

Iring-iringan karnaval berhenti  di depan Jembatan Bukaka (demikian beberapa orang menyebutnya). Menghadap kearah bekas Jembatan Yondo mPamona itu, Direktur  Institut Monsintuwu Lian Gogali menyita perhatian peserta karnaval dengan orasinya yang lugas.

Menjadi bagian dari Festival Mosintuwu, menurut dia adalah merupakan proses upaya merajut kembali perjuangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan desa yang menjadi identitas bersama. Mengambil peran dalam Festival Mosintuwu adalah bersama-sama menyusun dan membuat sejarah baru Tana Poso, sebagai tanah harapan. Sebagai tanah dimana perbedaan adalah kekayaan untuk bersama-sama berjuang bagi kedaulatan.

Di hadapan peserta karnaval peraih penghargaan Gusdurian Award 2022, dalam katagori Komunitas Penggerak ini bilang, desa membutuhkan ruang untuk saling menguatkan. Bekerjasama dan menemukan cara belajar dan bekerja yang menempatkan masyarakat desa bersama dengan alamnya dalam posisi yang selaras. Juga, sebuah ruang yang memperlihatkan kekuatan, suara perempuan dan masyarakat dalam desa untuk bukan hanya diakui dan menjadi salah satu penentu dalam pengelolaan desa.

Lian melanjutkan, gelaran ini adalah proklamasi kebudayaan lintas desa dan antargenerasi terhadap dinamika yang sedang dihadapi saat ini. ”Jika hari ini kita memilih tema tentang tanah, air dan hutan itu adalah kegelisahan kita terhadap banyaknya tanah, hutan dan air yang dikuasai dan dirampas sehingga memungkinkan kesejahteraan di desa menjadi hilang,” tandas Lian sambil mengangkat tangan kiri ke udara. Pernyataan Lian itu disambut pekikan pakaroso (saling menguatkan) dari ratusan peserta karnaval. Pada saat yang sama, suara padengko terdengar bertalu menyiratkan perlawanan terhadap perampasan tanah, hutan dan air oleh para pemodal bebal.

PANGAN DARI DESA – Pangan dari desa untuk menghidupi warga desa

Festival Mosintuwu adalah sebuah proklamasi kebudayaan dari desa-desa atas kekuatan kebudayaan Mosintuwu yang memiliki pengetahuan, kearifan dalam hal pengelolaan alam dan kehidupan dengan nilai pombepatuwu, pombepotowe, pombetubunaka. Sebuah nilai yang terus dterpelihara di Poso yakni, saling menghidupkan, saling mengasihi dan saling menghargai. Muaranya adalah Sintuwu Maroso. Artinya satu arah. Satu pikiran. Menghasilkan kekuatan – musyawarah mufakat.

Karnaval ini adalah penguatan atas komitmen masyarakat desa dalam pengelolaan alam dan kehidupan yang bersolidaritas. Sebuah ajakan untuk bersama-sama, khususnya bagi generasi muda, untuk kembali pada kebudayaan mosintuwu, yaitu pombepatuwu, pombepotowe, pombetubunaka sebagai nilai-nilai hidup untuk membangun Poso.

Karnaval ini adalah proklamasi kebudayaan lintas desa dan antargenerasi untuk merespons dinamika yang sedang dihadapi saat ini. Tanah air dan hutan yang dieksploitasi secara berlebihan membuat kualitas lingkungan alam turun drastis, yang menyebabkan banyak musibah atau cuaca ekstrim. Oleh kita itu disebut sebagai alam yang tidak ramah. Tapi sebenarnya itu adalah manusianya yang tidak ramah pada alam.

Jika hari ini kita memilih tema tentang tanah, air dan hutan itu adalah kegelisahan kita terhadap banyaknya tanah, hutan dan air yang dikuasai dan dirampas sehingga memungkinkan kesejahteraan di desa menjadi hilang.

Desa adalah ruang terbentuknya peradaban dan kebudayaan. Namun, produksi massal makanan instan telah menyingkirkan pangan lokal, menggusur tanah, merusak air, dan mengancam ekosistem desa lalu secara perlahan membunuh keberlangsungan kehidupan bumi. Juga, menyingkirkan kebudayaan lokal yang arif dan bersahabat dengan alam.

Lian bahkan bilang,  Festival Mosintuwu diselenggarakan oleh Institut Mosintuwu dan masyarakat desa, terbuka bagi siapa saja. Festival Mosintuwu menghadirkan kelompok perempuan, pegiat kebudayaan, anak muda dan pemerintah desa dari 18 desa di Kabupaten Poso (dari 22 desa yang direncanan hadir). Mereka tergabung dalam kelas-kelas Pendidikan Kritis di Sekolah Pembaharu Desa ; kelas Jelajah Budaya Rumah KITA, kelas Sekolah Keberagaman.

KOMITMEN KUAT – Para perempuan mengarak hasil bumi daro desa saat melintasi bekas jembatan Yondo mPamona yang kini tinggal kenangan, Tentena, 9 November 2022

Martince Baleona, yang sedari awal terus memompa semangat peserta karnaval di bawa terik yang menyengat, mengatakan, Karnaval  Hasil Bumi adalah sebuah “upacara” memanggil ulang ingatan tentang kebaikan alam dan kekayaan kebudayaan dalampengelolaan alam.

Membawa keliling hasil bumi adalah gerakan teaterikal masyarakat petani dan nelayan yang berusaha memanggil kesadaran manusia untuk bersolidaritas terhadap alam yang sudah memberikan pangan. Juga, mengingatkan kearifan lokal pengelolaan alam yang perlu untuk dijaga. Setiap desa akan membawa hasil bumi khas desanya masing-masing seperti rica umbi-umbian, biji-bijian, daun-daunan, sayuran, dan jenis pangan lainnya. Hasil bumi ini dihias sedemikian rupa untuk dibawa dalam karnaval di jalanan.

Ia melanjutkan, kebijakan pangan negara yang keliru bahkan berpengaruh hingga ke meja makan rumah tangga Indonesia. Politik pangan negara yang salah arah membuat kehidupan rumah tangga Indonesia khususnya para ibu menjadi lebih berat.

”Peristiwa minyak goreng yang langka adalah contoh telanjang tentang politik pangan yang salah arah itu,” katanya. Industri sawit begitu luas namun melahirkan ironi bagi ibu-ibu yang harus berjibaku di baris antrean di bawah terik matahari yang kejam.

Maka ibu-ibu di desa harus memenuhi pangan anggota keluarga sendiri tanpa bergantung pada siapa pun. Tanah pekarangan luas bisa dimanfaatkan untuk menanam aneka rempah dan palawija sehingga tidak perlu membeli. Warga di desa menurut dia, tidak boleh terbawa kampanye misalnya menanam tanaman yang mematikan budaya pangan di desa. ”Contoh penanaman massal porang, durian montong dll. Itu akan menyusahkan kita dan mematikan budaya pangan di desa,” katanya mengingatkan.

Warga desa tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan dasar karena tanah sudah ditanami dengan tanaman macam itu. ”Sementara saat panen tiba harga mereka kontrol dan kita rugi. lalu untuk membeli rempah dan palawija terpaksa harus ke pasar atau pasar keliling yang datang dari kota,” ujarnya bersemangat. Martince meminta menyudahi wawancara. Ia menerima kabar duka. Ibundanya yang berusia 80 tahun wafat di Sulawesi Selatan.

BERTUKAR HASIL BUMI – Prosesi terakhir Karnaval Hasil Bumi, peserta bertukar hasil bumi antar desa, di Tentena Rabu 9 November 2022

Karnaval ini juga disambut antusias oleh peserta. Helpin Samoli (60) asal Desa Tiu, Kecamatan Pamona Tenggara, mengaku gembira mengikuti festival ini. Dari sini ungkap nenek satu cucu ini, ia mendapat pengalaman baru dan  bisa bertukar bibit dengan warga dari desa lain. ”Kemarin saya dapat durian montong dari teman dari desa di Poso Pesisir,” ungkapnya sambil mengumbar senyum renyahnya.

Arak arakan karnaval berakhir di lokasi Festival Mosintuwu ditandai dengan proses bertukar hasil bumi antardesa. Helpin Samoli (60) mengaku mendapat durian dari rekannya dari di Poso Pesisir. Ia memperlihatkan durian montong berukuran jumbo. Di sela proses bertukar hasil bumi, Lagu Desaku Yang Kucinta kembali mengalun dari panggung utama datang dari para remaja. Liriknya mengirimkan pesan kehidupan desa yang harus dijaga di negeri yang pernah dikoyak angkara murka ini. ***

Penulis: Amanda
Foto: Amanda & Basrul

 

Roemah Kata
the authorRoemah Kata
Anggaplah ini adalah remahan. Tapi kami berusaha menyampaikan yang oleh media arus utama dianggap remah-remah informasi. Tapi bisa saja remah remah itu adalah substansi yang terabaikan akibat penjelmaan dari politik redaksi yang kaku dan ketat. Sesederhana itu sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: